4 months 3 weeks and 2 days

4 Months, 3 Weeks and 2 Days (2007)

Pada Oscar tahun 2008, sebuah film berjudul 4 Months, 3 Weeks and 2 Days (4 luni, 3 saptamâni si 2 zile) yang diharapkan dan dijagokan para kritikus untuk meraih film terbaik kategori bahasa asing bahkan tidak masuk nominasi. Hal ini memicu banyak kritik dan pertanyaan mengenai kredibilitas penjurian Oscar terhadap film-film berbahasa asing sehingga menginspirasi untuk perbaikan dan reformasi seleksi film terbaik kategori bahasa asing pada tahun-tahun berikutnya. 4 Months, 3 Weeks and 2 Days adalah film produksi Romania yang ditulis dan disutradarai oleh Cristian Mungiu, seorang sineas terpuji asal Romania.

Romania di masa pemerintahan komunisme pimpinan rezim Nicolae Ceaucescu (1974-1989) adalah periode yang terpuruk. Selain isolasi dan kemiskinan serta praktik pemerintahan yang berujung pada kultus individu, beberapa kebijakan Ceaucescu dianggap kontroversial sekaligus represif. Salah satunya adalah usaha penambahan jumlah penduduk Romania dengan pelarangan praktik aborsi dan kontrasepsi. Praktek aborsi dan kontrasepsi yang terendus oleh penegak hukum bisa berakibat hukuman berat hingga hukuman mati.

Bersetting tahun 1987, 4 Months, 3 Weeks and 2 Days bercerita tentang Otilia Mihartescu (Anamaria Marinca) dan Gabriela ‘Gabita’ Dragut (Laura Vasiliu) dua mahasiswi bersahabat yang tinggal sekamar di asrama. Gabita menghadapi kehamilan yang tak diinginkan dan berniat melakukan aborsi. Judul film ini sendiri adalah merujuk usia kehamilan Gabita. Usia yang beresiko untuk aborsi belum lagi ancaman hukuman yang membayangi jika tindakan mereka diketahui orang lain. Otilia yang mempersiapkan waktu, tempat dan siapa dokter yang menangani, praktek ini harus dilakukan serahasia, seaman dan secepat mungkin.

Menariknya film ini adalah menyorot justru kepada dampak yang dialami oleh Otilia yang ironisnya hanya ‘membantu’ untuk melakukan aborsi. Otilia harus kehilangan banyak hal untuk persahabatan. Persahabatan menjadi sangat mahal, sehingga begitu banyak yang dikorbankan untuk membayar kesetiakawanan. Kewajiban menolong karena berada di tempat dan waktu yang salah. Ini adalah realitas yang sering terjadi, tidak saja didalam keluarga namun juga dalam persahabatan dimana seseorang adalah pembuat masalah menjadi si tak berdaya sementara yang lain harus repot menjadi problem solver dengan berkorban lebih banyak.

Menurut sang penulisnya, cerita dalam hal ini diilhami dari kejadian sebenarnya yang dikisahkan dari seorang kenalan. Entah benar atau tidak, yang jelas Cristian Mungiu mampu mengangkat cerita ini dengan budget yang rendah menjadi film yang sederhana namun memberikan kesan yang kuat. Selain cast dengan akting yang bagus, kemampuan untuk menghadirkan kembali setting Romania yang dengan segala aspek kehidupannya terasa kelam dan tak bersahabat pada saat itu. Dengan gambaran kemiskinan, lingkungan yang senyap dan masyarakat yang ketus membuat kita merasakan apa yang dialami oleh Otilia adalah secuil gambaran dari kondisi hidup yang cemas dan depresi di Romania pada saat itu.

4 Months, 3 Weeks and 2 Days (2007) on IMDb

Tinggalkan Balasan