about Elly

About Elly (2009)

Meskipun dibuat tiga tahun sebelumnya, namun About Elly baru populer di Amerika dan Eropa beberapa tahun setelah A Separation (2011) meraih kesuksesan di kancah perfilman internasional, terutama dengan banyaknya penghargaan terutama Oscar di tahun 2012. Setelah kesuksesan A Separation, para penikmat film membuka kembali katalog karya Asghar Farhadi sebelumnya, termasuk About Elly yang juga banyak menerima pujian dan penghargaan dalam beberapa festival film yang diikutinya.

Seperti A Separation, About Elly yang judul aslinya Darbareye Elly menggambarkan bagian kehidupan masyarakat Iran yang jarang kita lihat atau dengar. Bagian kelas menengah masyarakat yang terpelajar, di mana perempuannya memakai celana jeans yang modis dengan kerudung, percakapan dan kelakar dalam suasana yang sejahtera dan berkecukupan.

Dibuka dengan delapan orang yang saling berkawan dan tiga anak-anak dalam rombongan perjalanan untuk berpesiar akhir pekan di pantai laut Kaspia. Enam orang dari mereka adalah pasangan suami istri, sementara satu orang adalah kenalan mereka, Ahmed (Shahab Hosseini), duda yang baru kembali dari Jerman serta Elly (Taraneh Alidoosti) yang terakhir bergabung. Ide untuk mengajak Elly rupanya datang dari Sepideh (Golshifteh Farahani), si pemimpin rombongan dan pengatur pesiar tersebut. Sepideh ingin menjodohkan Elly, guru sekolah anaknya, dengan Ahmed. Rombongan tersebut tidak mengetahui persis siapa Elly, hingga kemudian ia menghilang secara misterius dan meninggalkan berbagai persoalan dan kesulitan bagi mereka. Siapakah sebenarnya Elly?

Sebuah drama psikologis khas Asghar Farhadi, dengan cerdik membawa kita pada lapisan-lapisan masalah dan ketegangan. Thriller memikat yang membuat larut untuk mengetahui apa yang terjadi selanjutnya dengan berbagai kemungkinan yang masih bisa terjadi di sepanjang film. Masih dengan handheld camera untuk sebagian besar pengambilan gambarnya, setiap adegan terasa dinamis mendukung plot film ini yang cepat.

Akting yang bagus dari tiap pemeran mewakili karakter masing-masing. Ada Peyman Moaadi, bintang di A Separation, di film ini kebetulan memerankan karakter bernama Peyman juga. Khusus untuk Golshifteh Farahani yang sebelumnya sempat berakting bersama Leonardo DiCaprio di  Body of Lies  (2008), ini adalah film terakhirnya di Iran akibat larangan kembali ke negaranya.

About Elly (2009) on IMDb

Tinggalkan Balasan