allied 2016

Allied (2016)

Rasanya menyenangkan melihat Brad Pitt kembali bermain disebuah film dengan latar belakang perang dunia II. Allied adalah kali ketiga Brad Pitt mengemban misi menghadapi Nazi Jerman setelah Inglourious Basterds (2009) dan Fury (2014).

Sekali lagi Brad Pitt terlibat dalam percintaan agen spionase setelah Mr. & Mrs. Smith (2005), jika sebelumnya berbalut komedi maka Allied  lebih serius dan romantis. Kita kesampingkan dulu segala rumor mengenai hubungannya dengan Marion Cotillard (Macbeth, The Dark Knight Rises) namun penampilan mereka sebagai pasangan di film ini terasa intens dan beberapa tampilan keduanya membuat Allied  terlihat stylish.

Max Vatan (Brad Pitt), seorang pilot tempur Canada bertugas sebagai agen untuk membunuh duta besar Jerman di Casablanca, Maroko. Max bertemu dengan Marianne Beaesejour (Marion Cotillard), wanita cantik pejuang pemberontak asal Prancis yang mendukung misi tersebut. Max dan Marianne yang terlibat hubungan asmara kemudian menanggalkan kehidupan sebagai agen dan hidup bersama di London usai misi berakhir. Cinta Max dan Marianne kemudian harus diuji dengan bagian masa lalu mereka sebagai agen yang masih menghantui. Sebuah pilihan sulit antara menuruti cinta atau kesetiaan kepada negara.

Allied  bukan sebuah drama perang, bukan pula sebuah jalinan cerita cinta yang pelik. Meskipun dengan segala potensi untuk menjadi sebuah film yang istimewa, namun Allied  tampil ‘aman’ saja. Robert Zemeckis (The Walk, Flight) yang terbiasa menghadirkan keajaiban dan kekaguman kali ini dengan Allied  lewat naskah yang ditulis oleh Steven Knight (Pawn Sacrifice, Eastern Promise) tidak banyak mengusung kejutan dan ketegangan meskipun berlatar belakang perang dan spionase. Konflik yang bergeser dari aksi spionase ke ujian cinta yang dialami Max dan Marriane pun tidak lantas menjadi sebuah drama yang menyentuh secara emosional.

Kejutan sebenarnya adalah film ini disajikan dengan begitu lugas, ringan dan tidak menjawab ekspektasi. Tidak buruk namun mungkin tidak ada lagi di dalam kepala saat kita keluar dari pintu bioskop.

Allied (2016) on IMDb

Tinggalkan Balasan