Arrival (2016)

Arrival (2016)

Jika hanya manusia yang ada maka terasa sangat percuma alam semesta ini diciptakan. Itulah salah satu alasan kenapa keyakinan bahwa alien itu ada masih menjadi pencarian sekaligus pertanyaan terbesar manusia hingga saat ini. Dari sekian banyak teori  dan fakta yang dikemukakan mengenai adanya alien yang akan hadir di bumi semuanya akan mengerucut pada satu hal yaitu ancaman. Termasuk pula dalam dunia film, sudah berapa ratus kali divisualkan tentang alien yang datang ke bumi untuk menghancurkan manusia. Jadi ketika ada sebuah film baru tentang alien atau UFO akan berpotensi terjebak dalam cerita yang itu-itu saja. Untungnya Arrival (2016) besutan sutradara Denis Villeneuve (Prisoners, Incendies) adalah film yang berbicara lain mengenai kedatangan alien ke bumi.

Dr. Louise Banks (Amy Adams) adalah seorang linguist dan ahli bahasa yang direkrut oleh pemerintah Amerika, dalam hal ini diwakili oleh Kolonel Weber (Forest Whitaker), untuk berkomunikasi dengan penghuni pesawat raksasa misterius yang melayang di Montana. Tidak saja di Amerika, pesawat serupa juga mendatangi 11 wilayah lain di berbagai belahan dunia. Akibatnya terjadi chaos di seluruh dunia, manusia merasa terancam, ditambah dengan sikap dari masing-masing negara yang tidak sepaham dan cenderung untuk memilih perang terhadap UFO tersebut. Dr Louise dibantu oleh seorang ahli teori fisika Ian Donelly (Jeremy Renner) berpacu dengan waktu untuk bisa berinteraksi dengan para alien demi mengetahui maksud dan tujuan mereka datang ke bumi.

Jika anda mengharapkan Arrival (2016) menjadi film tentang invasi alien yang meluluhlantakan bumi dan manusia maka sebaiknya tepiskan dulu keinginan tersebut. Meskipun film ini sangat berpotensi untuk dibawa ke arah sana namun melegakan sekali ketika film ini menjadi tontonan yang lebih berbobot daripada sekedar kehancuran dunia. Tentu saja pemandangan objek raksasa misterius yang melayang 12 meter diatas permukaan bumi tetap mengintimidasi kita. Begitu pula ketegangan yang dibangun dengan sangat bagus selama upaya first contact. Sejak memasuki ruang pesawat yang mempunyai aturan gravitasi sendiri hingga interaksi dengan alien yang tidak bisa diduga perangainya.

Menariknya, Arrival (2016) kemudian membawa masalah terancamnya dunia ini menjadi masalah personal Dr. Louise Blanks. Tidak semata-mata menciptakan lakon untuk menyelamatkan dunia dengan bertempur, namun alasan kenapa Dr. Louise Blanks hadir adalah inti cerita sekaligus kejutan dari film ini.

Amy Adams (American Hustle, Man of Steel) berakting bagus dalam film ini. Ini adalah panggung Amy Adams sebagai pemeran utama dalam film ini tanpa mengecilkan lawan mainnya Jeremy Renner (The Avengers, Hurt Locker) yang dihadirkan agar film ini lebih menarik. Jika Sigourney Weaver berhasil memerangi mahluk asing dalam legenda Alien (1979), maka Amy Adams punya caranya sendiri dalam menghadapi para alien saat ini.

Arrival (2016) on IMDb

Tinggalkan Balasan