Before I Wake (2016)

Jacob Tremblay! Setelah membuat kita jatuh hati dalam Room (2015), kini ia kembali dalam horor Before I Wake. Berperan sebagai bocah yang tidak boleh tidur, sekali lagi ia tampil begitu natural dan menggemaskan. Jacob Tremblay lah daya tarik film ini

Film Before I Wake bercerita tentang pasutri Mark (Thomas Jane) dan Jessie (Kate Bosworth). Setelah kehilangan putra kecilnya mereka mencoba menata ulang kembali hidupnya dan mengadopsi seorang anak bernama Cody (Jacob Tremblay). Cody ternyata bocah yang mempunyai kelebihan, apapun yang dia mimpikan saat tidur saat itu juga hadir menjadi kenyataan. Cody yang menggemari kupu-kupu sering bermimpi tentang kupu-kupu, beberapa kali Mark dan Jessie mendapati didalam rumahnya kupu-kupu indah berterbangan. Namun tidak selalu mimpi Cody adalah mimpi yang bagus. Dia mempunyai ketakutan terhadap suatu mahluk pemakan manusia bernama Canker Man, celakanya Canker Man inilah yang sering hadir dalam mimpi Cody. Mark dan Jessie harus berjuang melawan Canker Man yang datang tiap malam dalam mimpi Cody.

Menonton Before I Wake kita seperti menonton gabungan ide beberapa film horor yang sudah pernah ada sebelumnya. Meskipun sutradara dan sekaligus penulis Mike Flanagan (Oculus, Hush) mungkin berusaha keras agar Before I Wake terlihat lain. Namun sayangnya ide horor mimpi bukanlah sesuatu yang baru. Freddy si buruk rupa sudah meneror mimpi kita habis-habisan di  Nightmare on Elm Street (1984, 2010). Begitu pula alur mengadopsi anak misterius berujung petaka sudah pernah kita lihat di legenda The Omen (1976,2006) ataupun film bagus The Orphan (2009).

Dengan ide yang tidak lagi segar, sayangnya Before I Wake adalah film yang lemah dan sama sekali tidak memberikan sesuatu yang baru. Minimnya jumpscare bisa menjadikan sebuah film horor terkesan tidak murahan, namun dalam Before I Wake hal tersebut tidak diimbangi dengan dialog, sinematografi ataupun visual yang memikat. Lihat saja sosok Canker Man yang malah terlihat seperti Alien dalam film dokumenter.  Untunglah penjelasan di akhir film mengenai latar belakang mimpi Cody dan siapa sebenarnya Canker Man boleh dibilang cerdik dan menjawab misteri film berdurasi 1 jam 37 menit ini.

 

 

 

 

 

2 tanggapan untuk “Before I Wake (2016)

Tinggalkan Balasan