Deepwater Horizon (2016)

20 April 2010, tragedi ledakan kilang minyak terparah dalam sejarah Amerika terjadi di teluk Mexico. Ledakan kilang minyak bernama Deepwater Horizon selain mengakibatkan 11 orang kru kilang meninggal dunia juga berdampak buruk pada ekosistem laut di teluk Mexico.  Investigasi yang dilakukan Departemen Margasatwa dan Perikanan Louisiana mengungkapkan bahwa lebih dari 600 spesies hewan disekitar teluk mexico terancam mati, sementara 210 juta galon minyak yang tumpah bahkan sampai tahun 2015 masih menggenangi teluk Mexico.

Kini setelah 6 tahun tragedi Deepwater Horizon diangkat ke layar lebar. Mike William (Mark Wahlberg), salah seorang korban yang selamat menjadi tokoh sentral di film ini. Mike adalah tangan kanan Jimmy Harrell (Kurt Russell) pemimpin Transocean, perusahaan pengebor minyak lepas pantai yang disewa oleh British Petroleum untuk mengebor minyak di Teluk Mexico. Konflik dimulai ketika pihak British Petroleum (BP) dipimpin oleh Donald Vidrine (John Malkovich) memaksakan untuk tetap mengebor meskipun pengujian atas alat belum sepenuhnya dilakukan dengan alasan target waktu yang molor dan mengakibatkan kerugian BP selaku penyewa kilang minyak Deepwater Horizon. Meskipun akhirnya pengujian tetap dilakukan namun karena desakan dari BP hasil-hasil pengujian yang tidak wajar tidak diindahkan dan tetap dilakukan pengeboran. Pihak BP berkilah bahwa kesalahan ada pada sensor pembaca yang ada pada alat pengujian tersebut. Setelah beberapa waktu pengeboran dilakukan, hal-hal tak wajar pun terjadi, misal lumpur yang meluap dari pipa dan akhirnya berujung bencana, kilang minyak Deepwater Horizon meledak dan dimulailah perjuangan untuk bertahan hidup dan penyelamatan kru-kru di antara api dan ledakan yang menghancurkan seluruh kilang Deepwater Horizon.

Dengan label film bencana yang diinspirasi dari kisah nyata, Deepwater Horizon mempunyai modal awal untuk menarik minat penonton apalagi Duet Peter Berg  dan Mark Wahlberg yang sukses di Lone Survivor, ditambah cast menjanjikan semacam Kurt Russel, John Malkovich, Dylan O’Brien, bahkan untuk peran tempelan  sebagai istri Mike William diperankan oleh Kate Hudson. Meskipun alur bencana dan tokoh heroik family man telah sekian kali kita lihat dan usang namun Deepwater Horizon yang mengangkat kehidupan Offshore Rig, bagaimana manusia didalamnya saling berinteraksi dan hidup ditengah bisingnya mesin bor raksasa dan potensi bahaya yang sewaktu-waktu datang, konflik antara British Petroleum dan Transocean dimana uanglah yang selalu menjadi penentu keputusan, membuat Deepwater Horizon berhasil keluar dari potensi menjadi film catastrophic yang membosankan. Seperti kemasan Peter Berg sebelumnya, Lone Survivor yang menjadi film penghormatan para serdadu, Deepwater Horizon juga menjadi film penghormatan untuk korban tragedi dan pengingat bahwa alam akan melawan segala bentuk keserakahan eksploitasi alam yang berujung tragedi dan kerusakan.

 

Tinggalkan Balasan