Doctor Strange

Doctor Strange (2016)

Menjadi salah satu film yang paling diantisipasi tahun ini, Doctor Strange adalah film ke-14 dari rangkaian Marvel Cinematic Universe sejak Iron Man (2008) hingga Captain America: Civil War (2016).

Mengikuti versi komiknya, Doctor Strange (Benedict Cumberbatch) awalnya adalah seorang ahli bedah cerdas dan berbakat bernama lengkap Stephen Strange. Setelah kecelakaan mobil yang merusak kemampuan motoriknya, Stephen Strange yang frustasi pergi mencari pengobatan ke Nepal. Di suatu tempat bernama Kamar-Taj ia bertemu dengan Ancient One (Tilda Swinton), seorang guru yang mengajari Stephen Strange menjelajahi dunia yang lebih luas daripada sekedar alam fisik. Doctor Strange dengan bakat dan kemampuannya kemudian menguasai ilmu mistis yang membuat dirinya menjadi salah satu Sorcerer Supreme. Dengan kemampuannya tersebut Doctor Strange berusaha mencegah Kaecilius (Mads Mikkelsen), bekas murid Ancient One yang berkhianat. Kaecilius berniat menarik kehidupan bumi ke alam nirwaktu dengan bantuan penguasa kegelapan Dormammu.

Meskipun berkaitan dengan dunia metafisik namun jangan kuatir, Doctor Strange tidak akan membingungkan anda dengan cerita yang njelimet dan membingungkan. Ketika Ancient One menjelaskan kepada Doctor Strange yang pada awalnya menolak pendekatan di luar nalar kita ikut diberi penjelasan dengan perlahan mengenai dimensi lain.

Film ini juga berusaha untuk relevan dalam menampilkan ilmu sihir yang biasanya berisi mantra, kitab, kuil dan pusaka kuno dengan diimbangi dengan sentuhan kekinian semisal sneakers dan wi-fi didalam kuil. Begitu pula pemilihan Tilda Swinton yang sebelumnya mendapat reaksi kontra. Tilda Swinton justru memberikan kesegaran Ancient One dibanding sosok lelaki tua seperti versi komiknya.

Karakter ilmiah dan cerdas Doctor Strange memang sepantasnya diperankan oleh aktor yang terbiasa memerankan karakter cerdas. Ditambah lagi perangai selfish, percaya diri cenderung sombong, tak salah lagi Benedict Cumberbatch lah orangnya. Setelah menonton Doctor Strange akan sulit membayangkan karakter ini diisi orang lain. Inilah kelebihan Marvel yang selalu pas memilih aktor untuk memerankan jagoan Marvel Cinematic Universe (MCU).

Tidak banyak aksi hancur-hancuran spektakuler seperti film-film MCU lainnya, diganti dengan pertempuran-pertempuran dalam dunia cermin yang surealis, gedung-gedung yang bengkok, bumi dan langit yang terbalik-balik. Menarik, meskipun bukan sesuatu yang baru dan anda pasti pernah menyaksikannya sebelumnya. Tidak ketinggalan joke lucu maupun sinis yang akan memancing tawa anda. Doctor Strange adalah jagoan komik, so kenapa harus terlalu serius?

Film ini akan anda tonton terlepas anda fans Marvel atau bukan. Selamat datang di dunia sihir Doctor Strange dan jangan dulu beranjak karena sekarang ada dua after credit khas Marvel sebelum lampu bioskop benar-benar menyala.

 

 

Tinggalkan Balasan