Get Out

Get Out (2017)

Apa yang anda harapkan dari sebuah film horor saat ini? Jika keseraman dan kekagetan adalah sajian berulang-ulang yang belakangan kurang ampuh untuk membuat sebuah film horor menjadi tontonan yang menarik maka Get Out (2017) adalah film yang berpotensi memberikan kesegaran.

Get Out (2017) adalah debut film layar lebar sutradara Jordan Peele yang sekaligus sebagai penulis naskahnya. Film ini menceritakan hubungan interracial antara pemuda kulit hitam Chris Washington (Daniel Kaluuya) dan wanita kulit putih Rose Armitage (Allison Williams). Mereka berdua berkunjung ke kampung halaman Rose dan memperkenalkan Chris kepada keluarga besar Armitage. Meskipun pada awalnya dibayangi ketakutan akan resistensi hubungan mereka dari keluarga Rose, rupanya Chris diterima dengan baik oleh keluarga Armitage. Perbedaan kulit rupanya bukan masalah bagi keluarga Armitage. Kebaikan dan keramahan keluarga Armitage awalnya memberikan kenyamanan bagi Chris, namun lambat laun Chris mulai merasakan keanehan di keluarga tersebut. Terutama dua pelayan kulit hitam yang ada di rumah tersebut yaitu Georgina (Betty Gabriel) dan Walter (Marcus Henderson). Keanehan tersebut kemudian membawa Chris terperangkap pada sebuah labirin misteri yang mengerikan sekaligus mengancam nyawanya.

Tuntas, adalah kata yang tepat untuk Get Out (2017).  Tak ada adegan yang sia-sia. Semua adegan, dialog dan pertanyaan yang muncul dituntun menjadi kesimpulan yang cukup bagi logika kita. Kecuali sedikit kelemahan dimana kegiatan medis yang dilakukan oleh keluarga Armitage sulit dilakukan di dunia nyata. Namun menarik ketika sebuah film horor yang dibangun dengan ketegangan tidak berbicara tentang supranatural, klenik dan sejenisnya sebaliknya mengenai percobaan medis.

Get Out (2017) tidak menjual tampilan seram dan kekagetan bertubi-tubi namun tidak kehilangan pesonanya sebagai sebuah film horor. Suasana mencekam tetap bisa anda rasakan dari lingkungan aneh keluarga Armitage. Ada yang tak beres namun anda tak bisa buru-buru menyimpulkan apa yang tak beres tersebut. Seperti senyuman Georgina yang terlihat mengancam, anda harus senantiasa waspada kepada kebaikan yang tak lazim dari keluarga Armitage.

Tidak melulu suasana tegang, beberapa dialog dan adegan lucu berhasil memancing tawa dan meredam tensi mencekam. Jordan Peele mengarahkan Get Out (2017) dengan baik meskipun tanpa jajaran cast yang mentereng.

Tema rasial dalam sebuah film horor, sebuah ide yang sangat relevan sekaligus brilian menurut saya. Di saat dunia, khususnya Amerika pasca Obama, menghadapi ancaman makin tidak tolerannya masyarakat terhadap perbedaan maka film ini seperti menjadi sebuah kampanye terutama mengenai warna kulit. Jordan Peele, Sutradara yang notabene berkulit hitam mempermainkan anggapan bahwa kulit hitam mempunyai keunggulan fisik sementara kulit putih memiliki isi kepala yang lebih. Bisa jadi ini sebuah sindiran atau malahan blunder yang justru menguatkan anggapan tersebut.

Get Out (2017) on IMDb

Tinggalkan Balasan