gifted

Gifted (2017)

Gifted  adalah julukan untuk anak-anak yang mempunyai bakat maupun kecerdasan luar biasa. Berbeda dengan anak-anak yang ‘sekedar’ cerdas, anak-anak gifted  seringkali menemui kesulitan menyesuaikan diri dengan lingkungan dan teman sebaya. Pandangan dan perlakuan yang berbeda kemudian mempengaruhi perkembangan mereka sebagai pribadi. Menyangkut anak gifted  ini kadangkala karunia berubah menjadi sebuah masalah.

Sudah sekian kali hollywood mengangkat film tentang bocah-bocah jenius dengan kelebihan dan keunikannya. Saya teringat film serupa ketika Jodie Foster menjadi ibu dari seorang bocah jenius luar biasa dalam Little Man Tate (1991). Kurang lebih film ini sama menceritakan tantangan dan masalah menjadi orang tua dari anak gifted. 

Gifted (2017) menjadi tontonan yang lebih menarik karena film ini tak sekedar pamer kecerdasan seorang bocah memecahkan masalah matematika yang tak masuk akal. Justru film ini menceritakan upaya membuat seorang bocah gifted mempunyai kehidupan normal layaknya bocah seumurannya. Anak bukanlah alat pendulang kebanggaan bagi orang tua. Tak peduli seberbakat atau sejenius apapun, mereka harus tetap menjadi bocah yang punya teman dan tempat bermain.

Gifted (2017) dibintangi Chris Evans (Captain America: Civil Wars, Playing it Cool) yang berperan sebagai Frank Adler. Frank mengasuh keponakannya, Mary Adler (McKenna Grace), bocah perempuan berotak jenius. Meskipun Mary memiliki keistimewaan Frank berusaha untuk menjadikan Mary tumbuh layaknya anak-anak seumurnya. Frank tak ingin Mary menjadi seperti Diane Adler, adiknya yang juga adalah ibu Mary. Diane memutuskan bunuh diri akibat depresi setelah karunia yang dia miliki malah justru membuatnya kehilangan kehidupan normal. Semua karena orang tua yang memaksakan ambisinya pada sang anak yang jenius. Frank pun berebut hak asuh agar bisa ‘menyelamatkan’ Mary dari eksploitasi berlebihan.

Chris Evans secara akting maupun penampilan adalah pemeran utama yang sesuai untuk film ini. Dia yang terbiasa menawan, makin terlihat keren ketika menjadi seorang paman ganteng yang merawat gadis berumur tujuh tahun. Demikian pula McKenna Grace yang tampil cukup brilian sebagai bocah jenius. Saya sendiri terpesona dengan akting bocah tersebut menampilkan mimik, cara bicara dan tingkah laku seorang bocah gifted. Keduanya menjalin relasi paman-keponakan yang dalam dunia nyata juga seringkali terjadi, seorang bocah begitu dekat dengan pamannya maupun sebaliknya. Perebutan hak asuh dalam film ini sedikit mengingatkan pada film kesukaan saya Big Daddy (1999), film komedi dimana Adam Sandler berjuang untuk hak asuh keponakannya dengan cara jenaka. Octavia Spencer (Hidden Figures, Zootopia) melengkapi jajaran cast yang membuat film ini makin bermutu.

Film besutan Sutradara Marc Webb (Amazing Spiderman, 500 days of Summer) dan naskahnya ditulis oleh Tom Flynn ini disusun dengan dialog-dialog yang menarik, beberapa satir dan seringkali memancing senyum. Puncak konfliknya pun berhasil membuat saya tersentuh dan sedih. Gifted (2017) adalah drama keluarga masa kini dengan cerita yang mudah dimengerti, berbobot namun tetap menghibur. Well Done.

Gifted (2017) on IMDb

Tinggalkan Balasan