hunger

Hunger (2008)

Irlandia Utara pernah mengalami periode konflik sektarian yang begitu panjang. Konflik yang melibatkan  kelompok loyalis keturunan imigran Inggris (mayoritas protestan) dengan kelompok nasionalis Irlandia (mayoritas katholik) tersebut terjadi antara tahun 1969 hingga menjelang tahun 2000. Periode konflik tersebut kemudian dikenal dengan istilah “The Troubles”. Salah satu kelompok bersenjata yang paling berpengaruh dalam konflik tersebut adalah IRA (Kelompok Bersenjata Republik Irlandia). Berbagai aksi bersenjata dan kekerasan dilakukan IRA, salah satunya adalah aksi pengeboman dan baku tembak di Dunmurry pada tahun 1976. Bobby Sands adalah salah seorang anggota IRA yang tertangkap dalam peristiwa pengeboman dan baku tembak tersebut. Nama Bobby Sands kemudian menjadi terkenal dengan aktivitas protesnya dari balik terali besi.

Hunger adalah film yang mengangkat kisah nyata Bobby Sands menjalani aksi mogok makan selama kurang lebih 66 hari hingga akhir hayatnya. Sebuah aksi yang kemudian mendapat perhatian dari pemerintah Inggris bahkan dunia internasional. Mendulang simpati sekaligus kritikan. Sebuah biografi kelam dengan setting kehidupan penjara yang tidak manusiawi.

Film dibuka dengan adegan penangkapan aktivis bernama Davey (Brian Milligan) dan kemudian bertemu dengan rekan selnya, Gerry (Liam McMahon) di penjara Maze, Belfast. Bersama para penghuni sel lain sesama aktivis IRA mereka melakukan protes atas status mereka sebagai tahanan politik bukan tahanan kriminal. Dimulai dengan protes menolak untuk berpakaian atau yang disebut blanket protest kemudian ada pula dirty protest yaitu protes dengan melumuri dinding penjara dengan feses dan menyirami lantai dengan air seni. Gagal mendapatkan atensi dari pemerintah mereka kemudian sepakat untuk melakukan aksi mogok makan. Bobby Sands (Michael Fassbender) memimpin aksi ini sekaligus menjadi orang pertama yang meninggal dunia akibat aksi ini.

Pujian untuk totalitas Michael Fassbender (12 Years Slave, Shame) secara akting dan menjalani diet ketat hingga kurus kering untuk menggambarkan Bobby Sands. Bobby Sands yang sekarat dan meninggal tersiksa dalam kelaparan demi sebuah idealisme yang bagi kita orang awam tidak rasional untuk dijalani.

Ada adegan yang menarik yaitu dialog antara Bobby Sands dengan Pastor Dominic Moran (Liam Cunningham). Dengan pengambilan tanpa terputus kurang lebih selama 20 menit, dialog antara mereka ini menjadi adegan yang sangat intens dan memorable. 

Steve McQueen (12 Years Slave, Shame) sebagai sutradara dan penulis berhasil mengangkat kisah Bobby Sands sebagai sebuah simbol perlawanan yang masih dikenang dan dibicarakan hingga saat ini.  Mengerikan menonton film ini, bagaimana secara eksplisit digambarkan bagaimana berbagai protes yang dilakukan Bobby Sands dkk. Dari aksi yang terjorok dan membikin perut mual, tindakan fisik yang diterima para tahanan hingga suasana hari-hari Bobby Sands selama menjalani mogok makan.

Hunger (2008) on IMDb

Tinggalkan Balasan