Incendies

Incendies (2010)

Incendies adalah film sebuah film yang bercerita tentang wasiat luar biasa seorang ibu bernama Nawal Marwan (Lubna Azabal) kepada dua anaknya menjelang akhir hayatnya.

Jeanne Marwan (Melissa Desormeaux-Poulin) dan Simon Marwan (Maxim Gaudette) adalah saudara kembar. Selama ini mereka diasuh sendirian oleh ibu mereka Nawal Marwan. Yang mereka tahu adalah ayah mereka sudah tiada semenjak mereka berdua lahir. Nawal Marwan sendiri adalah seorang imigran dari timur tengah yang lari ke Canada karena perang.

Secara misterius setelah berenang dengan Jeanne, Nawal mengalami kolaps dan meninggal dunia. Sebelum meninggal Nawal sempat menitipkan wasiat kepada notaris Jean Lebel (Remy Girard) untuk Jeanne dan Simon. Nawal bertutur bahwa ayah Jeanne dan Simon masih hidup. Mereka juga mempunyai saudara laki-laki lain yang selama ini belum pernah diceritakan oleh Nawal. Ibunya berwasiat kepada Jeanne dan Simon untuk mencari ayah dan saudara laki-lakinya tersebut. Nawal menitipkan dua buah amplop rahasia masing-masing untuk ayah dan saudara laki-laki mereka. Nawal meminta agar ia dikuburkan tanpa nisan, telanjang dan jasadnya menghadap ke tanah sampai Jeanne dan Simon bisa bertemu dengan Ayah dan saudara mereka. Nawal merasa tak pantas dikuburkan layak sebelum Jeanne dan Simon mengetahui apa yang terjadi sebenarnya.

Jeanne dan Simon memulai pencarian ayah dan saudara mereka yang belum pernah mereka ketahui. Yang mereka tahu bahwa ayah dan saudara mereka ada di sebuah negeri timur tengah, di sebuah negara bekas konflik dimana ibunya lahir dan tumbuh. Sebuah pencarian panjang dan membuka kisah mengerikan yang selama ini  ditutup rapat oleh ibunya.

Film produksi Canada yang disutradarai oleh Denis Villeneuve ini menyayat hati dan membuat tenggorokan anda tercekat oleh kejutannya. Setting film ini selain di Canada juga disebuah negara fiktif di timur tengah. Beberapa orang berpendapat negara dalam Incendies mungkin Palestina (tulisan Palestina di jendela tempat Nawal bersekolah) namun konflik Muslim-Kristen lebih mewakili apa yang terjadi di Lebanon, negara kelahiran sang penulis naskah film ini, Wajdi Mouawad. Yang pasti film ini layak mendapatkan dua jempol.
Incendies (2010) on IMDb

 

 

 

 

Tinggalkan Balasan