kubo

Kubo and the Two Strings (2016)

Dari Laika Studio, rumah produksi yang sebelumnya telah menghasilkan animasi stop motion Coraline (2009), ParaNorman (2012) dan The Boxtroll (2014), kali ini kembali dengan Kubo and the Two Strings. Sebuah keajaiban dari animasi stop motion 3 dimensi yang dihasilkan dari ratusan ribu frame yang dirangkai melalui kerja keras yang panjang dan sangat telaten.

Kubo and the Two Strings bercerita tentang seorang bocah bernama Kubo (Art Parkinson) yang hidup pada masa Jepang kuno. Kubo  dibawa pergi oleh ibunya sewaktu masih bayi, menghindari kejaran Raja Rembulan (Ralph Fiennes) yang tidak lain adalah kakeknya sendiri. Kubo kini hidup di gua dan merawat ibunya yang sakit dan terganggu jiwanya. Keberadaan Kubo akhirnya diketahui oleh Raja Rembulan dan Bibinya yang jahat. Dibantu oleh Monkey (Charlize Theron) dan Beetle (Matthew McConaughey) Kubo harus mencari 3 pusaka untuk mengalahkan Raja Rembulan.

Bercerita dengan suasana Jepang kuno, detail artistik yang ditampilkan Kubo and the Two Strings sangatlah indah. Origami, lampion, kostum dan karakter diantara setting yang dibuat dengan canggih dan berseni tinggi. Dengan pengambilan frame yang rapat sehingga setiap objek bergerak dengan lancar dikombinasikan dengan animasi CGI membuat anda tak percaya bahwa film ini dibuat dengan teknik stop motion. Sebuah hasil kerja yang membuat kita geleng-geleng kepala.

Kubo and the Two Strings  bukan film animasi yang sarat adegan jenaka ataupun karakter konyol yang mengocok perut. Sebaliknya film ini adalah sebuah seni animasi yang indah dan memanjakan mata. Meskipun ini adalah film keluarga dengan poros cerita seorang anak bernama Kubo, namun daya tarik  film ini bagi penonton anak-anak adalah segi visual, baik objek, aksi dan warna. Sementara dari segi cerita, film ini lebih tepat bagi orang dewasa dikarenakan banyaknya adegan kiasan beralur dendam, arwah dan depresi, ditambah dialog puitis yang sering digunakan sepanjang film.

Dengan jajaran cast pengisi suara yang mentereng, Dua pemenang oscar : Charlize Theron dan Matthew McConaughey, dan Tiga nominator Oscar : Rooney Mara, Brenda Vacarro dan Ralph Fiennes, berhasil menghidupkan karakter-karakter yang ada di Kubo and the Two Strings dan menjadikan animasi berdurasi 1 jam 41 menit ini bukan saja animasi stop motion terlama yang pernah dibuat namun juga salah satu animasi terbaik untuk ditonton.

Kubo and the Two Strings (2016) on IMDb

2 tanggapan untuk “Kubo and the Two Strings (2016)

  1. Di awal film, kita mulai mempertanyakan alasan mata kiri Kubo dicuri oleh kakeknya. Namun setelah terjawab, alasan sang kakek ingin mencuri mata Kubo, sungguh mengecewakan.

    Sihir Kubo yang mampu menghidupkan origami yang dipertontonkan di depan warga desa pun layaknya pertunjukkan topeng monyet yang terlihat biasa saja, mengingat tidak ada satupun warga desa yang menganggap bahwa sihir itu hal yang lumrah, toh di sana juga hanya Kubo yang mampu melakukan sihir..

Tinggalkan Balasan