lion

Lion (2016)

Tahun 2013, sebuah buku biografi berjudul A Long Way Home  terbit di Australia. Buku biografi ini berkisah tentang Saroo Brierley yang menemukan kembali Ibu dan keluarganya setelah 25 tahun terpisah. Bukan saja soal lamanya waktu terpisah namun juga jarak ribuan mil serta ingatan tipis seorang bocah yang membuat cerita pertemuan ini nyaris mustahil. Lion (2016) adalah film yang dibuat berdasarkan buku A Long Way Home yang mengangkat cerita perjalanan hidup yang menakjubkan Saroo Brierley.

Lion (2016) bercerita linear, dimulai dari Saroo (Sunny Pawar) berusia lima tahun hidup dalam kemiskinan bersama ibu, kakak dan seorang adik perempuannya di sebuah desa Ganesh Talai, India. Saroo kecil bersama kakaknya, Guddu (Abhishek Bharate) sampai harus bertaruh nyawa mencuri batu bara di atas kereta api hanya untuk ditukar sedikit susu. Hari berikutnya Guddu berangkat mencari kerja di stasiun Khandwa bersama Saroo yang bersikeras untuk ikut. Disinilah kisah sedih dimulai. Saroo terpisah dengan Guddu hingga menaiki kereta yang menuju ke Calcutta, ribuan kilometer dari Ganesh Talai tempat asalnya. Si kecil Saroo tersesat di Calcutta, hidup sendirian tak ada seorangpun yang menolong. Tidur dijalanan, menggelandang, dikejar predator anak-anak, hampir terperangkap sindikat penjualan anak, hingga ditampung ke penampungan anak gelandangan.

Kehidupan Saroo kemudian berubah seratus delapan puluh derajat ketika dia diadopsi oleh suami istri Jon (David Wenham) dan Sue Brierley (Nicole Kidman) dan dibawa ke Australia. Dibesarkan dalam lingkungan yang sehat, hangat dan dilimpahi kasih sayang selama kurang lebih 25 tahun, tak membuat Saroo lupa bahwa ia masih mempunyai ibu dan keluarga di India. Hingga ia tersadar bahwa ia harus mencari asal-usulnya dan bertemu keluarganya. Sebuah usaha luar biasa dan diberkahi keberuntungan  mengingat kenangan Saroo tentang lingkungan masa kecilnya di Ganesh Talai yang terbatas.

Dari semua cast yang terlibat, tentulah yang paling melekat di kepala adalah akting Sunny Pawar. Memerankan Saroo kecil lucu yang kumal di belantara Calcutta yang kumuh dan acuh, Sunny Pawar begitu menggemaskan sekaligus mengundang rasa iba. Sunny Pawar bertubuh kurus mungil dan berbicara dengan ucapan yang kurang jelas. Ia sukses sebagai Saroo kecil yang polos, tak menangis dan doyan berlari kencang dengan gaya lari yang lucu. Sementara Dev Patel (Chappie, Slumdog Millionare) sebagai Saroo dewasa adalah pemuda yang gagah, tampan dengan rambut panjang tergerai seperti seekor singa. Menarik melihat perubahan Dev Patel di film ini dibanding penampilan di film-film sebelumnya. Ia terlihat lebih gagah dan tampan. Ini adalah kesan yang kuat bahwa Saroo dewasa tumbuh dalam lingkungan yang terjamin dan sejahtera. Dev Patel kemudian berakting bagus saat Saroo mulai didera rasa bimbang dan kehilangan orientasi akibat rasa penasaran akan masa lalunya.

Sebagian besar film ini menampilkan India yang lekat dengan kemiskinan, kumal dengan comberan di sana-sini. Cukup berhasil visual yang dihadirkan sepanjang separuh film untuk menggambarkan India yang seperti itu. Menarik saat dua hal yang dipakai oleh Saroo Brierley untuk menemukan kembali Ibunya adalah dua simbol kehidupan bertolak belakang yang dijalani Saroo yaitu rute kereta api India dan Google Earth. Kereta api adalah penyokong transportasi utama di India. Sekitar 11 ribu kereta beroperasi setiap harinya dan singgah di kurang lebih 7.000 stasiun dengan panjang rel kereta di India mencapai 60.000 Km. Kereta Api di India adalah gambaran khas, tempat keriuhan ribuan manusia yang kusam dan tak modern. Dengan rute kereta api inilah Saroo menelusuri asal muasalnya menggunakan aplikasi mutakhir bernama Google Earth. Teknologi kemudian bermuara pada manfaat dan tujuannya. Technology is best when it brings people together.

Selain kebesaran tekad seorang Saroo film ini juga menghadirkan kemuliaan hati pasangan Jon dan Sue Brierley. Jon diperankan oleh David Wenham (300, Van Helsing) dan Nicole Kidman (Secret in Their Eyes, The Hours) dengan bagus memerankan Sue Brierley. Ini bukan cerita fiksi, bahwa orang-orang seperti Jon dan Sue Brierley benar-benar ada. Mereka berdua adalah bukti kesanggupan untuk mengabdi kepada kebaikan yang menginspirasi. Tanpa Jon dan Sue, kehidupan Saroo mungkin tak sebaik sekarang. Saroo yang mengalami masa kecil yang tak mudah kemudian mendapatkan kebaikan dari kemalangan yang menimpanya. Lion (2016) yang disutradarai oleh Garth Davis dengan skenario yang ditulis oleh Luke Davies ini menjelaskan bahwa di India ada sekitar 80.000 kasus anak hilang, masih ada puluhan ribu anak yang nasibnya tak sebaik Saroo.

Lion (2016) on IMDb

Tinggalkan Balasan