patriots day

Patriots Day (2016)

Kesuksesan Lone Survivor (2013) rupanya membuat duet Peter Berg dan Mark Wahlberg ketagihan. Belum lama rasanya saya menonton Deepwater Horizon (2016) hasil kerjasama mereka yang sama-sama diadaptasi dari kejadian nyata. Kini Patriots Day (2016) kembali menyusul dengan cerita yang diangkat dari peristiwa pengeboman Marathon Boston pada 2013.

Marathon Boston adalah salah satu dari enam lomba marathon mayor dunia atau World Maraton Major, seri marathon paling elite di dunia. Marathon Boston juga menjadi awal berbaurnya pelari amatir dan profesional dalam satu ajang lari. Selain memiliki rekor jumlah peserta dan jumlah pelari yang mampu menyelesaikan jarak 42 kilometer, Marathon Boston juga memiliki ciri khas tersendiri, yakni selalu digelar pada hari Senin ketiga dalam bulan April. Pemilihan hari pelaksanaan Marathon Boston ini menjadi penting karena bertepatan dengan Hari Patriot yang khusus untuk memperingati revolusi Amerika Serikat yang ditandai dengan perang sipil untuk pertama kalinya pada 1775. Sepanjang penyelenggaraannya sejak tahun 1897, Marathon Boston tahun 2013 adalah yang paling dikenang hingga kini. Dua bom meledak saat berlangsungnya Marathon Boston 2013.  Aksi teror tersebut menewaskan 3 orang dan melukai 176 orang lainnya.

Patriots Day (2016) bercerita sejak awal dari persiapan Marathon Boston tahun 2013 kemudian pengenalan orang-orang yang terlibat didalamnya termasuk figur utama Sersan Tommy Saunders (Mark Wahlberg) yang bertugas di garis finish dan menjadi polisi paling dekat dengan lokasi pengeboman. Setelah bom meledak Komisioner Polisi Ed Davis (John Goodman) kemudian memimpin aksi tanggap darurat dan olah TKP untuk mengidentifikasi siapa pelaku teror bom tersebut. Karena peristiwa bom ini adalah aksi teror yang menjadi isu nasional maka segala langkah penyelidikan kemudian diambil alih oleh FBI, dalam hal ini dipegang oleh Agen Richard DesLauriers (Kevin Bacon). Dimulailah aksi pengejaran Tsarnaev bersaudara dengan melakukan penyisiran dan menonaktifkan kota Boston selama beberapa hari.

Sama seperti Lone Survivor (2013) dan Deepwater Horizon (2016), kembali Peter Berg mengemas Patriots Day (2016) menjadi sebuah film untuk penghormatan. Kali ini tentang aksi heroik dan patriotis para pahlawan yang terlibat dalam penanganan tragedi bom Boston serta kekuatan bersatunya masyarakat Boston dalam menghadapi chaos dan trauma yang ditimbulkan oleh bom.

Tak seperti dua film karya Peter Berg sebelumnya, kali ini Mark Wahlberg sebagai Tommy Saunders tidak terlalu dominan muncul sebagai hero. Di awal film hingga sesaat setelah bom meledak memang seolah film banyak menyorot Tommy Saunders sebagai petugas terdepan di TKP. Namun kemudian bergeser kepada aksi teamwork kepolisian dan federal. Masuk akal karena teror bom ini kemudian menjadi isu nasional dimana dalam penanganannya banyak pihak yang berjasa dan berkontribusi. Termasuk para pengambil kebijakan seperti Gubernur Massachussets Deval Patrick (Michael Beach) ataupun polisi senior yang melumpuhkan Tamerlan yaitu Sersan Jeffrey Pugliese (J.K. Simmons).

Meskipun saya mulai terbiasa dengan sentuhan Peter Berg dalam menyajikan suasana dramatis dan emosional sebuah peristiwa tragedi. Namun kali ini upaya Peter Berg membangun tensi ketegangan dan suasana saat bom meledak hingga proses pengejaran dan penangkapan para pelaku teror menjadi daya tarik film ini. Beberapa adegan bahkan dikombinasikan dengan cuplikan otentik sesaat sebelum dan sesudah bom meledak sehingga kita merasakan yang terjadi saat itu. Tentu saja di akhir film Berg menghadirkan testimoni asli para survivor dan pahlawan tragedi bom Marathon Boston.

Patriots Day (2016) on IMDb

Tinggalkan Balasan