Snowden (2016)


Saran : Baca artikel mengenai siapa dan kenapa Edward Snowden sebelum nonton film ini….

Apa yang membedakan whistleblower dan pengkhianat? Sudut pandang, Di posisi mana anda menilainya.

Snowden, film yang disutradarai dan ditulis oleh Oliver Stone (Platoon, JFK) berdasarkan buku karya Luke Harding berjudul The Snowden Files: The Inside Story of the World’s most wanted man, mengangkat cerita tentang Edward Snowden yang mengguncang pemerintah Amerika dengan membocorkan dokumen rahasia milik badan intelijen National Security Agency (NSA) kepada publik. Dokumen-dokumen tersebut mengungkap berbagai operasi ‘kotor’ yang dilakukan NSA menyangkut pelanggaran data privasi pengguna internet dan telekomunikasi dunia.

Film dibuka dengan pertemuan antara Ed Snowden (Joseph Gordon-Levitt) dengan pembuat film dokumenter Laura Poitras (Melissa Leo) dan jurnalis Glenn Greenwald (Zachary Quinto) di sebuah kamar hotel di Hong Kong. kemudian bergabung wartawan Guardian Ewen MacAskill (Tom Wilkinson) sebagai pembuka gerbang pengakuan Ed Snowden.  Kepada merekalah Ed Snowden menuturkan dari awal kisah keterlibatannya dengan CIA, gagal dari pasukan khusus akibat tulang kakinya yang lemah kemudian karena potensi dan kemampuannya ia dipromosikan menjadi agen teknik NSA dan perancang program keamanan perwakilan CIA di berbagai negara. Di posisi inilah ia berhadapan dengan hal-hal yang memicu konflik batinnya. Berbagai operasi kotor dan istilah-istilah teknis yang mungkin membuat penonton mengernyitkan dahi dan kebingungan. Penyadapan panggilan telepon terhadap warga amerika yang difasilitasi oleh operator seluler Verizon, operasi PRISM yang mengizinkan NSA untuk menyadap dan mengakses server sejumlah perusahaan teknologi besar di AS, termasuk Google, Facebook, Microsoft dll, penyadapan terhadap telepon seluler para pemimpin dunia dengan visual kanselir Jerman Angela Merkel sebagai korban, dan yang paling mengerikan adalah tools software bernama XKeyscore yang diciptakan NSA untuk mencari, menyelidiki, dan mengakses apapun yang pengguna lakukan dan di dunia maya. Dengan XKeyscore, NSA bisa melihat apapun yang ingin mereka lihat di internet. Konflik batin yang dialami Snowden turut mempengaruhi kehidupan percintaan dengan Lindsay Mills (Shailene Woodley), kegalauannya kemudian memperuncing keputusannya untuk keluar dari lingkaran dan membeberkan dokumen-dokumen rahasia ke publik. Selanjutnya bola pun bergulir. Snowden yang mengatakan bahwa semua sumber telah ia berikan ke Guardian dan berharap Guardian membeberkan semua ke publik dengan harapan masyarakat bisa menilai niat baiknya untuk mengungkap praktik ngawur pemerintah Amerika.

Film ini khas Oliver Stone, ada sentuhan provokatif dan opini keberpihakan mengupas kebusukan sistem yang melibatkan pemerintah Amerika. Berbeda dengan film-film terdahulu semisal JFK (1991) yang dengan plot cepat dan galak menghembuskan mitos baru berbau konspirasi atas pembunuhan presiden Kennedy lewat investigasi Jaksa Wilayah Jim Garrison (Kevin Costner), Oliver Stone mengangkat semi biopik Snowden menggunakan narasi dari pelaku utama yang mempengaruhi sudut pandang cerita dengan ritme pelan cenderung membosankan namun berhasil memberikan gambaran Snowden sesungguhnya dengan sentuhan dramatisasi yang tidak berlebihan.  Tentu juga bukan kebetulan memilih Joseph Gordon-Levitt (Don Jon, Looper, Premium Rush) sebagai representasi Edward Snowden. Mimik budiman dan galau dengan  suara ditekan agar semirip mungkin dengan Snowden asli, menjadi cara untuk membangun profil Snowden sebagai pahlawan yang nihil motif semata-mata tuntutan nurani  melawan sistem jahat yang menelanjangi privasi individu. Hubungan asmara yang diselipkan dalam suasana dilematis yang dihadapi Snowden layaknya bumbu pemberi kesan humanis, seperti juga Shailene Woodley (Divergent, The Fault in Our Stars) yang selain karena kecantikannya tidak memberi kredit lebih pada film ini. Film ditutup dengan dokumenter Snowden yang bahagia dan tersenyum diiringi tepuk tangan para hadirin yang hadir dalam teleconference mewakili separuh publik Amerika yang menganggap Edward Snowden bukan pengkhianat.

Snowden (2016) on IMDb

Tinggalkan Balasan