a separation

A Separation (2011)

Sebuah  film  fenomenal  karya penulis dan sutradara Iran Asghar Farhadi  (About Elly, Firework Yesterday). A Separation yang judul aslinya Jodaeiye Nader az Simin disamping berhasil mendapatkan banyak sekali penghargaan internasional termasuk Oscar 2012 juga menjadi film yang fenomenal. Bahkan, sebuah buku populer ‘1001 Movies You Must See Before You Die’  yang ditulis oleh Steven Schneider memasukan A Separation sebagai film yang wajib ditonton pecinta film.

A Separation bercerita seputar keretakan rumah tangga Nader (Peyman Moaadi) dan Simin (Leila Hatami). Simin menginginkan untuk keluar dari Iran demi kehidupan anak dan keluarga yang lebih baik namun Nader sang suami menolak karena tak bisa meninggalkan ayahnya yang menderita Alzheimer. Di pengadilan mereka sepakat untuk bercerai namun hakim masih harus menunggu keputusan anak mereka, Termeh (Sarina Farhadi), yang sementara tinggal bersama Nader. Perpisahan mereka membawa kesulitan, terutama bagi Nader yang tak terbiasa mengurus segala sesuatu seorang diri. Keadaan semakin memburuk ketika Nader terlibat masalah dengan Razieh (Sareh Bayat), wanita yang disewa untuk merawat ayahnya. Baik Nader maupun Razieh menghadapi ancaman penjara karena pertikaian mereka.

Sejak awal dibawa ke dalam konflik rumah tangga Nader dan Simin anda akan jatuh cinta kepada film ini. Sebuah drama keluarga yang sangat realistis ditambah dengan sedikit suspense. Setiap pribadi mempunyai motif baik itu yang diperdebatkan dalam pertengkaran maupun yang tidak terungkap sehingga menimbulkan tanda tanya tentang siapa yang benar dan salah.

Peyman Moaadi dan Leila Hatami, sebagai aktor utama dengan sangat meyakinkan memerankan suami istri yang bermasalah. Akting yang sangat terpuji dari keduanya dan cast lainnya sehingga masing-masing karakter ditampilkan begitu memikat dan mudah dipahami. Film ini mengandalkan dialog dan akting para tokohnya untuk membangun klimaks mengingat tidak adanya background score sepanjang film kecuali saat ending. Namun bukan berarti film ini berjalan datar, sebaliknya naskah dan akting para pemainnya berhasil membuat kita larut dalam ketegangan drama rumah tangga ini. Sebagian besar pengambilan gambar yang dilakukan dengan kamera ditangan membuat adegan-adegan terasa dinamis.

Setelah About Elly (2009) yang memikat, sekali lagi Asghar Farhadi mengukuhkan dirinya sebagai sutradara sekaligus penulis yang brilian. Sebuah film drama keluarga dengan setting kecil gambaran sosial Iran namun dengan pesan yang universal tentang kehidupan rumah tangga. Film yang mungkin akan lama melekat dikepala anda.

A Separation (2011) on IMDb

Tinggalkan Balasan