The Broken Circle Breakdown (2012)

Pernikahan antara pasangan yang saling mencintai, anak yang lucu, kecukupan ekonomi, rumah di lahan pedesaan yang tenang, kesamaan minat pada musik, dan teman-teman yang setia. Didier dan elise punya kebahagian yang nyaris sempurna. Namun bahwa tak ada kebahagiaan yang konstan, selalu bersiap untuk berbalik menjadi kesedihan. Sama halnya dengan kebahagiaan, kesedihan kadang datang dari sudut yang tak disangka.

Kanker. Bagi Didier (Johan Heldenberg) dan Elise (Veerle Baetens), leukemia adalah pengoyak kebahagiaan. Hubungan mereka diuji saat Maybelle (Nell Cattrysse), gadis mungil semata wayang, terkena leukemia. Didier seorang pemain banjo dan penulis lagu dalam sebuah grup musik beraliran Bluegrass (aliran musik yang menurut Didier lebih murni dan lebih tinggi tingkatannya dari musik country) bertemu dengan Elise seorang seniman tatoo. Mereka jatuh cinta pada pandangan pertama dan membina keluarga yang bahagia terutama setelah Maybelle lahir. Konflik berawal ketika Maybelle mengeluh letih dan berdarah pada mulutnya, hingga akhirnya didiagnosa menderita kanker dan mulai akrab dengan rumah sakit dan kemoterapi yang melelahkan, tiada kunjung hasil dan berujung kegagalan dan tragedi.

Perbedaan bisa menjadi terlihat sangat jelas dalam suatu hubungan ketika pasangan menghadapi kesulitan. Kompak ketika bahagia itu sewajarnya, namun tak selalu pasangan berhasil melewati ketika dihadapkan pada masalah. Didier seorang yang romantis dan atheis  dan terbiasa berbicara sementara Elise seorang yang realistis dan percaya Tuhan maupun religi dan pendengar yang baik. Keduanya menyikapi secara berbeda ketika dihadapkan pada kenyataan terpahit yang menimpa Maybelle. Ketidaksanggupan untuk memikul kesedihan berdampak kepada sikap untuk mencari biang keladi dan tudingan saling menyalahkan. Pribadi yang saling mengenal lambat laun menjadi asing. Mereka sepakat untuk move on, memulai sesuatu yang baru untuk mengubur kesedihan yang tak lekas pergi. Namun tidak membangun komitmen yang baru melainkan mengambil cara sendiri-sendiri untuk lari dari kenyataan.

The Broken Circle Breakdown adalah film produksi Belgia yang ditulis oleh Johan Heldenberg (Moscow,Belgium  , The Misfortunates ), sekaligus aktor utama di film ini, dan disutradai oleh Felix Van Groeningen (The Misfortunates, Steve+Sky). Film ini dikemas dengan plot maju mundur sedemikian rupa sehingga alih-alih membingungkan justru membuat kita menikmati untuk menebak sebuah adegan apakah terjadi sesudah atau sebelum adegan yang lain. Diselingi pertunjukan musik dan lagu Bluegrass (atau country) hingga akhir film, kita seolah menonton sebuah perjalanan cinta indah berujung tragedi yang diramu sedemikian bagus dengan pertunjukan musik dan lagu yang nyaman dikuping.

Tinggalkan Balasan