The Past

The Past (2013)

Kadang kala sebuah masalah belum terselesaikan hanya karena kita belum move on. Terperangkap dalam dua kehidupan, alih-alih berusaha menghindari malahan berkubang dengan sesuatu yang kita putuskan untuk kita tinggalkan. The Past (Le Passe) adalah film yang sangat memikat tentang orang-orang yang berusaha mengais romansa yang masih tersisa dari masa lalu yang semestinya sudah berakhir.

Ahmad (Ali Mosaffa), adalah pria Iran yang kembali ke prancis setelah 4 tahun untuk menyelesaikan urusan perceraiannya dengan Marie Brisson (Berenice Bejo). Selama di Prancis Ahmad akan tinggal di rumah Marrie. Masalahnya Marrie kini tak sendirian, ia sekarang hidup bersama dengan Samir (Tahar Rahim), calon suaminya yang baru. Disinilah alur konflik dimulai. Hubungan Ahmad dan Marie seharusnya sudah berakhir, namun adanya masalah-masalah terutama mengenai Lucie (Pauline Burlet), anak Marie dari pernikahannya sebelumnya, membuat Ahmad merasa perlu untuk membantu Marie. Kehadiran Samir sebagai ayah yang baru mendapat resistensi dari Lucie. Lucie menganggap Samir adalah pria jahat yang meninggalkan istrinya yang masih koma hanya untuk menikah dengan Marie. Marie merasa hanya Ahmad lah yang bisa memberi pengertian kepada Lucie . Interaksi kembali antara Ahmad dan Marie, membuat situasi berkembang menjadi penuh kekakuan. Drama yang menarik antara eks suami, wanita dan calon suami yang tinggal dalam satu atap.

Hampir tidak ada adegan yang sia-sia ataupun berlebihan dalam film ini. Anda akan ikut merasakan bagaimana suasana awkward antara Ahmad, Samir dan Marie saat harus bersama. Belum lagi dialog-dialog yang pintar dan realistis yang seringkali berupa adu argumen. Semua orang punya alasan dan terdengar benar, namun sejauh mana itu menyelesaikan masalah adalah yang lebih penting.

Dengan pintar The Past juga menggeser persepsi kita terhadap masing-masing karakter yang ada. Misalnya kita melihat bagaimana Ahmad pada awalnya ditampilkan sebagai problem solver, lambat laun menjadi muara masalah. Elemen pendukung lainnya pun berakting maksimal. Marie, Samir, Lucie, bahkan si kecil Fouad (Elyes Aguis) anak Samir yang penuh kejengkelan, semua tampil dominan.

Anda tentu akan menyukai The Past yang ditulis dan disutradarai oleh Asghar Farhadi (A Separation, About Elly) ini. Asghar Farhadi awalnya menulis skenario dalam bahasa Persia. Ia kemudian harus menetap di Prancis selama 2 tahun demi menguasai bahasa Prancis untuk merubah skenario dan lebih mudah mengarahkan film ini.  Hasilnya, The Past berhasil menampilkan cerita yang realistis tentang susahnya meninggalkan masa lalu. Hanya karena kita ingin memperbaiki meskipun sebenarnya tak perlu kita perbaiki. Kita cuma harus berjalan, karena kadang kehidupan memang menghendaki demikian.

The Past (2013) on IMDb

Tinggalkan Balasan