under the shadow

Under the Shadow (2016)


Meskipun terisolasi secara sosial politik dengan dunia barat nyatanya para insan sineas Iran memiliki kemampuan yang tinggi untuk tampil mendunia dan berpengaruh di tingkat global. Tak sedikit karya-karya film Iran yang berhasil meraih pujian dan penghargaan di festival film-film baik regional maupun internasional. Setelah rilis pertama kali di Sundance Festival pada Januari 2016, penikmat film tanah air beruntung Under the Shadow  tayang juga di bioskop tanah air. Under the Shadows, film yang keluar dari genre kebanyakan film Iran selama ini, adalah film horor yang merupakan debut layar lebar Babak Anvari selaku sutradara sekaligus penulis.

Shideh (Narges Rashidi), sedang mengalami tekanan yang berat setelah ia gagal melanjutkan studi kedokteran diakibatkan aktivitas politiknya. Ia pun harus merelakan suaminya, Iraj (Bobby Naderi) hidup jauh darinya untuk sementara waktu untuk bertugas sebagai dokter di garis depan konflik Irak-Iran. Berdua dengan anak semata wayangnya, Dorsa (Avin Manshadi), ia hidup di apartemen di Teheran. Teheran tidak aman dan sewaktu-waktu menjadi sasaran serangan Irak, Shideh bersikeras untuk tetap tinggal di Apartemennya meskipun satu-persatu penghuni apartemen lain mulai pergi. Sebuah rudal yang menghantam atap apartemen kemudian membawa dampak buruk bagi Shideh dan anaknya. Dimulai dengan dengan demam tak wajar yang dialami Dorsa, pemilik apartemen Ny. Ebrahimi mengatakan bahwa ada mahluk gaib yang datang seiring rudal menghantam apartemen mereka. Benarkah mahluk gaib yang disebut Ny. Ebrahimi  sebagai Djin itu ada? dan sanggupkah Shideh dan Dorsa menghadapi gangguan mahluk tersebut?

Under the Shadow  bercerita sederhana namun tidak serta merta menjadi sajian horor yang membosankan. Agak klise ketika tokoh utama adalah wanita yang kemudian tinggal di apartemen sendirian. Untungnya Under the Shadow  bukan film yang mengumbar keseraman meskipun elemen jumpscare  tetap menjadi senjata utama film ini. Meskipun tidak ada visual seram dan score yang minim, bukan berarti anda akan selamat dari ketegangan dan ketakutan. Anda akan sama takutnya dengan Shideh menghadapi kekuatan yang misterius namun mengancam sepanjang film ini.

Seperti film Iran lain yang menampilkan kondisi sosial dengan aktual dan jujur, Under the Shadow  dengan suasana kehidupan saat konflik Iran-Irak menjadi lubang intip kehidupan masyarakat Iran yang tersentuh modernisasi meski secara sembunyi-sembunyi dibalik norma dan nilai yang masih kuat. Under the Shadow  menjadi pesan bahwa kreatifitas senantiasa berkembang dari para sineas Iran, kali ini dengan membawa genre horor masih dengan unsur humanis dan kultur khas seperti film-film Iran sebelumnya.

Under the Shadow (2016) on IMDb

Tinggalkan Balasan