victoria 2015

Victoria (2015)

Victoria (2015) bisa dibilang adalah film yang langka. Film ini dibuat dengan satu kali pengambilan gambar dari awal hingga akhir film. Durasi film sepanjang 2 jam 18 menit dari film ini adalah hasil dari sekali take selama 134 menit. Meskipun bukan film pertama yang memakai cara tersebut, namun hasil dari film ini layak diganjar pujian.

Victoria sendiri bercerita tentang seorang gadis Spanyol bernama Victoria (Laia Costa) yang baru menetap di Jerman. Dimulai ketika pukul 4.00 pagi, selepas Victoria bersukacita di sebuah klub malam, ia berkenalan dengan empat pemuda yang menggodanya. Victoria kemudian menghabiskan waktu menjelang pagi bersama keempat pemuda tesebut. Sonne, Boxer, Bliker dan Fuss. Tak disangka dari sekedar hangout bersama, Victoria kemudian terlibat kegiatan yang membahayakan nyawa dan pengalaman yang merubah jalan hidupnya.

Sampai dengan satu jam pertama mungkin anda akan merasakan bosan. Pengambilan gambar dengan kamera dijinjing alias shacky cam yang tidak terasa nyaman dimata. Minus narasi maupun pengenalan karakter. Hanya rangkaian adegan gerombolan pemuda dengan seorang gadis pasca clubing bercanda seenaknya.

Namun percayalah, seiring waktu bergulir konflik akan mengemuka dan anda akan larut dalam thriller menjelang pagi. Jalan cerita yang dibangun dengan dialog-dialog melantur diawal film pelan kemudian berubah menjadi adegan-adegan menegangkan, layaknya live show yang dramatis dan mengaduk emosi. Banyaknya adegan yang diimprovisasi karena sedikitnya skenario yang ada membuat film ini semakin terlihat brilian, nyata dan natural.

Laia Costa tampil bagus berperan sebagai Victoria, seorang gadis spanyol innocent dan baik hati. Ia ramah dan kesepian. Perawan di sarang perompak yang membuat kita senantiasa kuatir akan nasibnya sampai film berakhir.

Victoria yang berasal dari Spanyol belum menguasai dengan baik bahasa Jerman. Terjadi gap bahasa saat Victoria berkomunikasi dengan Sonne dkk maka film ini banyak menggunakan bahasa Inggris dalam dialognya. Karena banyaknya dialog bahasa Inggris tersebut film ini dicoret dari nominasi Oscar untuk Kategori Film Bahasa Asing terbaik. Sangat disayangkan, karena film ini mendapat banyak pujian dan review positif dari kritikus.

Victoria (2015) on IMDb

 

 

Tinggalkan Balasan